Petronas-Yamaha Sudah Cari Pengganti Rossi untuk MotoGP 2022

0
2431
Petronas-Yamaha Sudah Cari Pengganti Rossi untuk MotoGP 2022
Valentno Rossi (Petronas Yamaha SRT) Latihan Bebas MotoGP Catalunya, Spanyol 2021 / runganSport © MotoGP.

Petronas dan Yamaha sudah mulai mencari pengganti potensial Valentino Rossi untuk MotoGP musim 2022 mendatang.

Barcelona, runganSport — Ada kemungkinan sangat besar untuk pembalap Italia, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) pensiun di akhir kompetisi musim MotoGP 2021 ini.

Karena itu pabrikan Yamaha bersama pihak Petronas sudah mulai bergerilya untuk mencari penggantinya, tentu ada banyak pilihan pembalap muda di Moto2.

The Doctor mungkin sedang menjalani tahun terakhirnya saat ini, karena hasil buruk dan performa yang sangat menurun tentu tak akan membantu masa depannya.

Apalagi Rossi sendiri memasang target lima klasemen sebagai syarat utama untuk bertahan di tahun selanjutnya.

Kondisi sekarang masih jauh dan target dan akan sangat mustahil bagi Rossi untuk tiba-tiba tampil kompetitif, mengingat dalam enam seri awal hasilnya sangat minim.

Motorsport.com melaporkan bahwa pihak sponsor utama, yakni Petronas akan memperbarui perjanjiannya dengan tim SRT, sementara Yamaha tetap memasok M1 kepada mereka setelah musim depan.

Akan tetapi, hal itu belum diumumkan secara resmi. Juga tidak ada jaminan karena pihak Yamaha juga terlibat dalam diskusi dengan Team VR46.

Dengan kemungkinan Franco Morbidelli akan mendapat jatah motor spek pabrikan, yang saat ini dipakai Rossi, pada MotoGP 2021.

“Saya masih belum tahu motor apa yang akan saya kendarai tahun depan, tapi saya akan berkendara untuk Petronas,” kata Morbidelli dalam wawancara dengan Motorsport Spanyol.

Morbidelli yang pada dasarnya dikontrak oleh Petronas SRT, bisa saja memutuskan hubungan kerja dan beralih ke pabrikan lain jika ada tawaran yang lebih baik ketimbang paket yang diberikan oleh tim Malaysia itu.

“Ada klausul dalam kontrak Morbidelli yang memungkinkan dia untuk meninggalkan timnya jika ada tawaran dari tim pabrikan (lain),” demikian ucap sumber terpercaya yang dimuat Motorsport.

Kembali lagi soal siapa yang diincar oleh Petronas Yamaha untuk mengganti Rossi tahun depan, nama pembalap pendatang baru asal Spanyol di kelas Moto2 tahun ini, Raul Fernandez ada di daftar teratas.

“Pilihan pertama adalah Raul Fernandez, tapi untuk mendatangkannya hampir mustahil,” terang sumber Motorsport itu lagi.

Fernandez sendiri sudah terikat kontrak yang solid dengan pabrikan KTM, yang saat ini berada di tim Aki Ajo kelas menengah dan dalam klausul kontraknya terdapat penalti finansial untuk mencegah sang pembalap berpaling ke tim lain.

Razlan Razali yang menjabat Team Principal Petronas SRT, bersama Managing Director Yamaha, Lin Jarvis, mereka telah bertemu dengan Fernandez di sela-sela seri Catalunya akhir pekan ini.

Baca: Hasil Kualifikasi Moto2 Catalunya: Pertamina Mandalika Start Baris Depan

Selain Fernandez, ada juga nama-nama lain seperti Joe Roberts, Xavi Vierge, Jake Dixon dan beberapa nama lain. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here