Home Paddock Portugal Ramaikan MotoGP 2020, Indonesia Kapan?

Portugal Ramaikan MotoGP 2020, Indonesia Kapan?

Portugal Ramaikan MotoGP 2020, Indonesia Kapan?
Maverick Vinales vs Andrea Dovizioso vs Valentino Rossi vs Marc Marquez, MotoGP 2018 / runganSport © YouTube.

Jakarta, runganSport — MotoGP pernah berlangsung di Portugal dengan salah satu sirkuit yang paling indah di kalender Grand Prix, yakni Estoril.

Sirkuit Estoril terakhir kali digunakan oleh Grand Prix pada musim 2012 lalu, setelah itu tak Portugal yang pernah masuk lagi.

Awal tahun 2019 ini muncul kabar gembira bahwa Portugal siap kembali ke MotoGP.

Hal ini dikarenakan sudah ada pembalap Portugal di MotoGP mulai 2019, dia adalah Miguel Oliveira yang akan menjadi pembalap Satelit di tim Red Bull KTM Tech3, bertandem dengan rider Malaysia, Hafizh Syahrin.

Pejabat pemerintah setempat di daerah Portimao, Portugal telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang dalam proses negosiasi untuk membawa MotoGP ke Algarve pada tahun 2020 mendatang.

Walikota Portimao, Isilda Gomes sedang mencari pendanaan sebesar €1,5 juta untuk membiayai acara tersebut selama tiga tahun, sumber dan berasa dari kas otoritas daerah.

“Negosiasi sedang berlangsung,” ucapnya kepada media lokal, sebagaimana dimuat Bike Sport News.

Jika Portugal berhasil kembali menggelar MotoGP pada 2020 mendatang, maka sirkuit Portimao yang akan menjadi venue penyelenggara, bukan Estoril.

Saat ini MotoGP punya 19 seri dalam satu musim, dengan Thailand menjadi seri paling baru, jika Portugal berhasil masuk pada 2020 mendatang dan tak ada seri lain yang keluar, maka MotoGP akan balapan sebanyak 20 kali.

20 seri dalam satu musim nampaknya akan menjadi jumlah maksimum balapan yang bisa diterima oleh pembalap.

Kondisi ini akan menyulitkan Indonesia untuk masuk ke MotoGP jika salah satu sirkuit Jakabaring di Palembang atau Mandalika di Lombok sudah siap menggelar balapan level internasional. (DN/eV)

NEXT: Gelar MotoGP 2019: Memangnya Rossi Bisa Kalahkan Marquez?

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here