Quartararo Jangan Mimpi Samai Marquez

0
8682
Quartararo Jangan Mimpi Samai Marquez
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) vs Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP Silverstone, Inggris 2019 / runganSport © MotoGP.

Fabio Quartararo tak akan bisa mencetak tujuh gelar juara dunia, sebagaimana hasil Marc Marquez di Grand Prix sejauh ini.

Madrid, runganSport — MotoGP musim 2013 dikejutkan dengan hadirnya bocah ajaib asal Spanyol di kelas MotoGP, dia adalah Marc Marquez.

Yang langsung mencuri begitu banyak perhatian kala menjalani debut kelas utama.

Advertisements

Di akhir musim 2013 ia langsung menyegel gelar juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya, seorang rookie Repsol Honda yang sungguh begitu fenomenal.

Setelah itu, tak ada pembalap pendatang baru yang benar-benar berhasil seperti Marquez.

Kemudian di awal 2017 baru ada sedikit kejutan lain setelah kehadiran Marquez, meski tak sama garangnya, tapi nama Johann Zarco kemudian mendadak menghiasi barisan depan dengan lap cepat, Pole dan podium.

Sayangnya rider Prancis itu tak tak pernah menang balap sepanjang tahun debutnya, dan tentunya masih jauh dari potensi menjadi juara dunia.

Kejutan seru kembali terjadi dia awal 2019 ini, tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba adik senegara Zarco mendadak menjadi penantang serius di lini depan para elit MotoGP.

Advertisements

Namanya adalah Fabio Quartararo, sama seperti Zarco, remaja Nice itu tampil luar biasa meski berstatus rookie.

Jadi, setelah kehadiran Marquez, baru rookie Zarco dan Quartararo yang bisa sedikit tampil menggebrak, walau pergerakannya tak sesangar Marquez.

Karenanya, kini ada banyak pihak yang menyamakan antara Marquez dan Quartararo, sama-sama muda dan sama-sama berbakat.

Quartararo naik ke MotoGP di usia 20 tahun, sama dengan debutnya Marquez.

Selain itu, ‘El Diablo’ telah memenangkan beberapa podium di tahun pertamanya.

Namun, Komentator DAZN, Jaime Alguersuari mengatakan bahwa jagoan Petronas Yamaha SRT itu tak akan bisa meraih tujuh gelar juara dunia, sebagaimana hasil gemilang Marquez sejauh ini.

Jadi, Quartararo belum bisa dikatakan selevel dengan Marquez, walau faktanya ia sekarang sedang senang-senangnya dengan raihan lap tercepat, Pole dan podium.

“Quartararo baik-baik saja, tetapi dia akan menyelesaikan tahun ini dengan berakhir 200 poin dari Marquez.

Sementara Marquez memenangkan gelar (saat debutnya),” kata Jaime Alguersuari dalam Program Podcast DAZN seperti diwartakan Motosan Es.

Lebih lanjut secara teknis, ada perbedaan kondisi antara debut Marquez dan debut Quartararo.

Marquez langsung ke tim pabrikan dengan Repsol Honda, sementara Quartararo hanya di tim Satelit dengan mesin yang RPMnya 500 lebih rendah dari motor pabrikan. (DN/eV)

NEXT: Honda Ternyata Tahu Tak Bisa Menang Tanpa Marquez

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here