Home Paddock Quartararo Satu-satunya Penantang Serius Marquez

Quartararo Satu-satunya Penantang Serius Marquez

Quartararo Satu-satunya Penantang Serius Marquez
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) MotoGP Silverstone, Inggris 2019 / runganSport © MotoGP.

Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi tidak muda lagi, sementara Maverick Vinales masih belum jelas, dan nampaknya Fabio Quartararo karena masih muda dan berbakat, berpotensi untuk berkembang dan jadi penantang serius Marc Marquez.

Misano, runganSport — Naik ke MotoGP pada musim 2013 silam, remaja Cervera, Marc Marquez tampil tanpa tanding dengan mendominasi sepanjang tahun.

Tahun 2013 dan 2014 langsung dibungkus dengan gelar juara dunia, pada 2015 menjadi satu-satunya musim kegagalan The Baby Alien sejauh ini.

Tahun 2016, 2017 dan 2018 ia kembali menjadi juara dunia, dan sekarang 2019 nampaknya akan menjadi milik Marquez juga.

Setelah kedatangan Marquez di MotoGP, sampai saat ini belum ada pembalap lain yang sejago anak Spanyol itu.

Sudah ada banyak pembalap pendatang baru, tapi kebanyakan gagal dan hanya beberapa yang masih bertahan sampai saat ini.

Termasuk beberapa pembalap yang satu generasi dengan Marquez, mulai dari Andrea Iannone, Pol Espargaro dan Scott Redding, tapi mereka masih jauh di bawah #MM93.

Bos Red Bull KTM Tech3, Herve Poncharal percaya bahwa bocah Prancis, Fabio Quartararo akan menjadi satu-satunya penantang bagi kedigdayaan Marquez.

“Yang terbaik belum datang dan jika ada satu orang yang bisa menantang Marquez, saya percaya itu Quartararo, dan menurut saya Marquez tahu hal itu,” kata Poncharal kepada Crash.

Untuk itu, bos Tech3 mengharapkan ada perang penawaran pabrikan ketika kontrak Quartararo berakhir dengan Petronas Yamaha di akhir musim depan.

Tapi apakah Quartararo mampu menarik perhatian pabrikan lain selain Yamaha?

Terutama setelah ada banyak contoh gagal pembalap Yamaha ketika pindah ke pabrikan lain, Mulai dari Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang gagal di Ducati, juga ada Johann Zarco yang gagal bersama KTM.

Baca: Quartararo Jangan Mimpi Samai Marquez

Awal masuk Moto3, Quartararo sudah dipuji sebagai ‘The Next Marquez’. saat itu ia masih berusia 15 tahun, pada tahun 2015.
Namun setelah dua Pole dan dua podium selama paruh pembukaan musim, Quartararo mengalami cedera patah pergelangan kakinya dan berpisah dengan tim Estrella Galicia di akhir musim.

Dua musim di yang kurang kompetitif dilalui Quartararo selanjutnya, sebelum kemenangan pertama yang mengejutkan di Catalunya (2018) bersama tim Speed Up, tim yang masih kalah dengan tim Moto2 lainnya.

“Ketika dia tiba di Grand Prix, semua orang mengatakan dia adalah Marc Marquez yang baru.

Oke, ada beberapa pasang surut performanya. Saya pikir terutama karena Quartararo masih sangat muda dan mungkin tidak punya tim terbaik di sekelilingnya.

Pada usia 15-16 pembalap menjadi mudah bingung atau terganggu,” terang Poncharal melanjutkan.

“Tapi sekarang dia punya tim yang bagus, orang-orang yang tepat di sekitarnya, motor yang sesuai dengan gaya balapnya dan akhirnya bisa menunjukkan potensinya,” tambah pria Prancis itu.

Baca: Perseteruan Tersembunyi Quartararo vs Marquez Bersaudara

Meski tampil cukup baik di tahun debutnya ini, Poncharal tidak berpikir Quartararo telah ditransformasikan sebagai pembalap musim ini.

Tetapi jika karir Quartararo telah penuh kejutan sejauh ini, masa depan terlihat lebih menarik.

“Saya bisa mengatakan semua ini karena saya tidak pernah bekerja dengan Quartararo, jadi semua yang dia capai tidak ada hubungannya dengan saya.

Kami hanya sebatas saling kenal. Saya ingin sekali bekerja dengannya ketika ia masih muda, tetapi itu tidak mungkin karena berbagai alasan.

Tapi saya ingin mengatakan bahwa yang terbaik belum datang dan jika ada satu orang yang dapat menantang Marc Marquez, saya percaya itu adalah Quartararo.

Karena yakin Marquez punya beberapa penantang, tetapi Dovi berada di puncak performanya dan bukan anak muda. Rossi juga sudah tua, sementara Vinales kita akan lihat, dia masih muda.

Tapi bagiku, orang yang paling mungkin berembang dan menantang Marquez adalah Quartararo, dan saya rasa Marquez tahu itu,” tegas Poncharal.

Apakah Quartararo selanjutnya bisa tampil sebagaimana penilaian dan harapan Poncharal? (DN/eV)

NEXT: Bentrok dengan F1 Singapura, MotoGP Aragon Dimajukan

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here