Rahasia Peningkatan Alex Karena Balapan Tanpa Penonton

0
1223
Rahasia Peningkatan Alex Karena Balapan Tanpa Penonton
Alex Marquez (Repsol Honda) MotoGP Aragon, Spanyol 2020 / runganSport © HRC.

Ada banyak faktor yang ternyata malah membantu Alex Marquez beradaptasi di musim debutnya, mulai dari balapan format hantu, sampai absennya Marc Marquez.

Barcelona, runganSport — Setelah podium kedua di Le Mans dan Aragon, rookie MotoGP asal Spanyol, Alex Marquez sayangnya harus menerima hasil pahit di balapan Aragon 2, ia gagal finis karena terjatuh.

Tapi, kabar baiknya Alex punya kecepatan untuk kembali podium bahkan mungkin kemenangan. Jadi, peningtakan rider Repsol Honda itu baru-baru ini memberikan kejutana kepada semua orang.

Advertisements

“Seluruh tim dan semua orang yang mendukung Alex sangat senang melihat bagaimana dia meningkat, bagaimana dia berkembang secara konsisten dan cerdas, di tahun ketika situasinya tidak mudah,” ujar sang manajer, Emilio Alzamora kepada MotoGP.

Dan pada dasarnya musim aneh dan gila karena pandemi inilah yang membuat Alex menjadi lebih baik dalam waktu relatif singkat.

Pembalap menjalani musim yang singkat dan tanpa menonton di lintasan, kondisi ini ternyata membantu Alex.

“Lebih tenang karena balapan lebih terasa seperti tes, dan juga karena beberapa di antaranya mengikuti satu sama lain (balapan di sirkuit yang sama dua kali), yang memungkinkan pemula untuk meningkatkan balapan demi balapan,” akui pria Spanyol itu.

Faktor lainnya adalah absennya sang kakak, Marc Marquez, otomatis Alex tidak selalu dibanding-bandingkan dengan rekan setimnya itu.

Advertisements

Dengan cara ini, Alex dapat berkembang lebih jauh dengan tekanan eksternal yang lebih sedikit dan perhatian penuh dari tim, dan pada motor yang sangat sulit ditangani oleh pendatang baru.

“Honda tidak diragukan lagi adalah motor yang sangat kompetitif. Semua gelar yang diraih Marquez membuktikan itu.

Anda harus mengatakan bahwa cara Anda mengendarai Honda sangat istimewa dan Anda harus memahami itu,” jelas Alzamora sebagaimana dimuat Motorsport-Total.

Dan Alex berhasil melakukan semua itu, tahap demi tahap belajar cara menguasai Honda.

“Tapi Alex mengerjakannya dan mengambil satu langkah pada satu waktu tanpa bertindak terlalu cepat.

Akibatnya, dia jarang jatuh serius dan bersama dengan tim teknis, secara bertahap dapat menemukan set-up yang tepat, untuk mendapatkan hasil maksimal dari motor.

Baca: Gosip: Marquez Pensiun, Dovi Gabung Repsol Honda?

Itu penjelasan untuk penampilannya, tapi kenyataannya dia mengejutkan kami dengan sangat positif karena dia meningkat lebih cepat dari yang kami bayangkan,” tutup Alzamora. (DN/eV)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here