Home Paddock Rossi Pensiun Baik untuk MotoGP

Rossi Pensiun Baik untuk MotoGP

Rossi Pensiun Baik untuk MotoGP
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Presentasi Tim Monster Energy Yamaha MotoGP 2020 / runganSport © MotoGP.

Walau ada banyak pendapat tentang dampak negatif dengan pensiunnya Valentino Rossi, tapi ada juga beberapa dampak positifnya bagi MotoGP.

Sepang, runganSport — Tiga nama besar di ajak balap MotoGP, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo sudah memutuskan untuk keluar dan pensiun dari MotoGP.

Stoner meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2012 yang lalu, kemudian diikuti oleh Pedrosa di akhir 2018 dan X-Fuera di akhir 2019 kemarin.

Pembalap Italia, Valentino Rossi menjadi satu-satunya pembalap paling tua di grid saat ini, meski ketiga mantan rivalnya itu sudah tak di MotoGP lagi ia masih tetap semangat menjalani kompetisi.

Sayangnya, musim 2020 ini akan menjadi tahun terakhir The Doctor bersama tim pabrikan Yamaha.

Soal masa depan Rossi belum memutuskan sejauh ini, apakah akan bertahan dengan cara pindah ke tim lain atau akan pensiun.

Rumor yang paling lantang saat ini adalah kepindahan pria Tavullia itu ke tim Satelit Petronas Yamaha SRT.

Tapi sejauh ini pihak Petronas Yamaha belum bisa berbicara banyak tentang kemungkinan kedatangan sang Legenda Hidup itu.

Dan jika Rossi memilih untuk pensiun, ada banyak anggapan MotoGP akan kehilangan besar dan tentu akan merasakan dampak negatifnya.

Berbeda dengan CEO Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, ia beranggapan pensiunnya Rossi akan memberikan dampak positif selain hal negatif.

Salah satunya adalah tersedianya bangku kosong di tim kompetitif untuk para pembalap muda.

Hal ini sesuai dengan tujuan tim yang ia pimpin, yakni mengorbitkan rider muda berlatenta agar siap promosi ke tim utama, sebagaimana yang sedang terjadi pada pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo.

“Pada dasarnya tim kami harus menjadi wadah bagi rider muda, yang akhirnya bisa promosi ke tim pabrikan, sebagaimana yang kita saksikan sekarang dengan Quartararo.

Karena MotoGP sekarang butuh lebih banyak rider muda dan tidak terlalu mengandalkan pebalap saat ini,” tutur Razlan saat diwawancarai CNN Indonesia.

Setelah Pedrosa dan Lorenzo, bisa saja Rossi yang akan segera pensiun dari MotoGP.

“Kita telah melihat Pedrosa dan Lorenzo pensiun, dan mungkin Rossi adalah yang keberikutnya.

Dan ini akan membebaskan sejumlah kursi pembalapa MotoGP yang memang terbatas, kemudian memberi ruang untuk pembalap muda.

MotoGP butuh pahlawan generasi baru seperti Quartararo, Miller, Rins, dan Mir,” tambah pria Malaysia itu menerangkan.

Baca: Kata Bos Petronas Yamaha Soal Duet Rossi-Lorenzo 2021

Sejauh ini rumor tentang Rossi yang akan turun ke Petronas Yamaha SRT tetap mengejut, tapi Razali menjelaskan jika timnya dan pihak Rossi belum berbicara soal itu. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here