Home Paddock Rossi Terancam Gagal Tampil di MotoGP Indonesia 2021

Rossi Terancam Gagal Tampil di MotoGP Indonesia 2021

Rossi Terancam Gagal Tampil di MotoGP Indonesia 2021
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Tes Pra-musim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia 2020 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Valentino Rossi kemungkinan besar tak akan bisa meramaikan balapan di MotoGP Indonesia 2021 jika ia memilih pensiun di akhir tahun 2020 ini.

Jakarta, runganSport — Pembalap veteran asal Italia, Valentino Rossi akan menjalani musim terakhirnya bersama tim resmi Yamaha di tahun 2020 ini.

Ia akan digantikan oleh pembalap muda Prancis, Fabio Quartararo mulai tahun 2021 mendatang, bersama dengan jagoan Spanyol, Maverick Vinales.

Soal keputusan masa depan, Rossi sebenarnya baru akan memutuskannya setelah menjalani beberapa seri awal musim ini.

Kemungkinan besar ia akan mengumumkan keputusan penting itu di seri Mugello, Italia nanti, dengan pertimbangan utama hasil seluruh seri sebelum Italia.

Jadi, hasil seri Qatar sampai Catalunya nanti akan sangat mempengaruhi masa depan Rossi, jika terbukti kompetitif dan mampu bersaing di lini depan, maka sudah jelas ia akan bertahan untuk MotoGP 2021, kemungkinan paling realistis adalah bergaung dengan tim Satelit Petronas Yamaha SRT, tapi dengan dukungan penuh pabrikan.

Masalahnya, bagaimana jika hasil Rossi mengecewakan, bahkan bisa saja lebih buruk dari hasil paruh pertama musim 2019 kemarin.

Maka sudah jelas Rossi tak akan bertahan di MotoGP untuk musim selanjutnya jika hanya sanggup meramaikan sepuluh besar saja.

Salah satu murid Rossi, Franco Morbidelli mengatakan bahwa Rossi akan memilih pensiun jika hasilnya hanya di kisaran 8-10 besar saja.

Padahal di tahun 2021 mendatang akan ada satu seri baru, yang berlokasi di Mandalika, Lombok dalam Grand Prix Indonesia.

Dan jika hasil Rossi di awal tahun ini mengecewakan, maka ia terancam tak bisa tampil di balapan Lombok nanti, mengingat ia harus pensiun dengan hasil minus.

Tapi di sisi lain, pengelola ITDC yang fokus mengurusi MotoGP Indonesia, Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan berusaha sekuat tenaga untuk membawa The Doctor di balapan sirkuit jalan raya Mandalika.

“Rossi bilang ia ingin tetap mencoba Sirkuit Mandalika,” kata Presiden Direktur ITDC, Abdulbar M. Mansoer kepada CNN Indonesia.

“Kami sedang berusaha untuk bisa membawa Rossi ke kantor kami, namun tanggal 4 Februari ini kan dia ke Indonesia yang membawa pabrikan motornya, jadi agak sulit.

Tapi, tahun depan ketika Sirkuit Mandalika sudah pasti menjadi tempat tes, kami akan coba ‘mencuri’ Rossi sebentar.

Semoga dia masih punya semangat untuk melanjutkan karier di MotoGP,” sambung Abdulbar menjelaskan.

Sebagai tambahan, CEO MGPA, Ricky Baheramsjah memastikan Rossi akan tetap menjadi bagian dari perhelatan MotoGP Indonesia pada 2021.

“Tenang, Rossi akan tetap menjadi bagian dari MotoGP Indonesia. Jika Rossi pensiun, kami pasti akan mempersiapkan sesuatu,” demikian Ricky.

Baca: Usaha Yamaha Tunda Pensiun Rossi Agar Tampil di MotoGP Lombok

MotoGP Indonesia sendiri ditargetkan akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP pada Oktober 2021 mendatang di sirkuit Mandalika. (DN/ev)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here