Home Paddock Sampai Kapan MotoGP 2020 Ditunda?

Sampai Kapan MotoGP 2020 Ditunda?

Sampai Kapan MotoGP 2020 Ditunda?
Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) vs Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) Tes pra-musim MotoGP 2020 Jerez, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Balapan pembuka MotoGP 2020 telah gagal digelar di Qatar, Thailand dan Amerika, kapan race pemuka musim ini dimulai?

Barcelona, runganSport — Sejauh ini telah ada tiga balapan MotoGP yang terpengaruh ganasnya penyebaran Coronavirus, yang melanda sejumlah negara-negara Eropa, Asia dan Timur Tengah.

Pertama, Qatar langsung membatalkan kelas MotoGP yang sedianya berlangsung pada 8 Maret lalu.

Dengan menyesal Dorna Sport mengumumkan bahwa tak ada balapan kelas utama di Qatar, sementara Moto3 dan Moto2 berhasil digelar.

Mimpi buruk ternyata berlanjut ke Thailand, sirkuit Buriram yang awalnya menjadi gelaran balapan kedua musim ini, terpaksa diundur sampai Oktober nanti.

Setelah itu, ada sedikit harapan bahwa balapan pembuka kelas utaam Grand Prix akan berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Sayangnya, pemerintah kota Austin tiba-tiba mengeluarkan peraturan terkait antisipasi Coronavirus, yang melarang perkumpulan lebih dari 2,500 orang.

Dengan kondisi demikian, jelas MotoGP tak bisa berlangsung di Amerika, solusinya adalah penudaan balapan COTA ke November mendatang.

Bagaimana jurus Dorna Selanjutnya, karena sudah tiga kali MotoGP gagal mengawali musim ini.

Kemungkinan yang paling realistis saat ini adalah menjadikan Argentiga sebagai pembuka musim, yang awalnya menjadi seri keempat 2020.

Tapi, keraguan mulai muncul karena sudah ada acara olagraga lainnya di Argentina yang mengalami pembatasan, tindakan serupa juga bisa berimbas pada MotoGP.

Sebelum balapan benar-benar terjadi di Argentina, selama itu pula pembalap MotoGP masih belum jelas.

Tapi pengelola MotoGP membuka opsi lain, bahwa mereka bisa saja menggelar seri pengganti Qatar sebelum seri Argentina.

Jadi, akan ada satu seri dadakan pengganti Qatar sebelum pertengahan April nanti, tapi di sirkuit manakan akan berlangsung?

“Kami sedang mempertimbangkan kemungkinan bahwa balapan MotoGP Qatar, yang tidak diadakan di Losail, dapat diadakan (diganti) di tempat lain, tapi saat ini kami belum ada kejelasan,” kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dalam sebuah wawancara dengan Radio Catalunya.

“Kami pergi hari demi hari dan kami mengubah tanggal ketika penyelenggara memberi tahu kami bahwa mereka tidak dapat menyelenggarakan balapan. Begitu pula dengan
Thailand, lalu dengan Qatar dan sekarang dengan Austin.

“aat ini, Argentina masih ada, tapi kami harus yakin bahwa begitu kami melakukan perjalanan ke sana, balapan akan berlangsung. Jika ragu, kami lebih memilih untuk menunda dan melakukannya pada akhir tahun,” tambah pria Spanyol itu.

Terkait usaha Dorna mencari balapan pengganti untuk Qatar, tidak jelas di mana balapan akan berlangsung, tapi spekulasi menunjukkan bahwa Malaysia siap menjadi tuan rumah untuk seri perdana.

Jadi, jika benar, maka akan ada dua balapan di Sepang sepanjang 2020 ini.

Tapi balapan apa pun sebelum Argentina harus dilakukan setelah 3 April, yaitu saat karantina nasional Italia berakhir, walau masih belum pasti seberapa besar keinginan pemerintah Malaysia dalam membiarkan ribuan orang dari Eropa memasuki negara mereka.

Baca: Resmi! MotoGP Amerika 2020 Ditunda Hingga November

Sementara balapan pengganti untuk Qatar tak mungkin berlangsung di Qatar di luar jadwal awal, Ezpeleta telah mengkonfirmasi bahwa Qatar tidak akan muncul lagi di kalender tahun ini karena sirkuit Losail telah berkomitmen untuk pekerjaan lintasan penting menjelang balapan tahun depan. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here