Home Paddock Sejauh Mana Perkembangan Sirkuit Mandalika, Ini Kata ITDC

Sejauh Mana Perkembangan Sirkuit Mandalika, Ini Kata ITDC

Sejauh Mana Perkembangan Sirkuit MotoGP Mandalika, Ini Kata ITDC
Cermelo Ezpeleta (CEO Dorna Sport S.L.) & Dimas Ekky Pratama (Idemitsu Honda Team Asia), Jakarta, Indonesia 2019 / runganSport © Instagram/ITDC.

Jakarta, runganSport — Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang pariwisata di Kawasan Ekonomi Eksklusif di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi pihak yang juga bertanggung jawab atas pembangunan sirkuit Mandalika.

Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang diproyeksikan untuk MotoGP Indonesia 2021 sebenarnya belum ada, tapi akan siap dibangun pada akhir tahun 2019 ini dengan terget selesai dalam durasi enam bulan.

Karena di sekitar bulan Agustus 2020 mendatang, MotoGP sudah harus merilis kalender balap mereka untuk musim selanjutnya (2021), jadi sirkuit Mandalika harus selesai sebelum itu.

Tapi, untuk saat ini sejauh mana perkembangan sirkuit Mandalika?

ITDC melalui akun Istagram resminya mengabarkan sejauh mana perkembangan Mandalika saat ini.

“Setelah pertemuan dengan Presiden Joko Widodo Senin lalu, Selasa kemarin CEO Dorna Sports SL (DORNA) Carmelo Ezpeleta mengunjungi kantor kami di Jakarta.

Dalam kunjungan itu, Carmelo yang didampingi Sporting Director DORNA Carlos Ezpeleta dan Managing Director Mrk1 Consulting Mark Hughes, menyampaikan agar dalam pembangunan street circuit Mandalika, kami hanya “follow one line” yaitu FIM (Federation Internationale de Motocyclisme/International Motorcycling Federation) dan DORNA.

Hal itu dikarenakan safety merupakan faktor terpenting yang harus dipastikan dari pembangunan sebuah sirkuit.

Dorna juga meyakinkan kami bahwa Mark Hughes adalah advisor dan partner terbaik bagi ITDC dalam mengembangkan sirkuit Mandalika, karena pengalamannya dalam mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengoperasikan sirkuit terkemuka di sejumlah negara di dunia selama lebih dari dua dekade.

Saat ini street circuit Mandalika sedang memasuki tahap homologation, yaitu proses penyelesaian disain teknis sesuai standarisasi dan peraturan FIM. Proses homologation dilakukan ITDC bersama Mrk1 dan Vinci Construction Grands Projets (VCGP), investor street circuit Mandalika,” tulis @itdc_id.

Baca: Empat Hal yang Dikhawatirkan Bisa Gagalkan MotoGP Lombok

Sebagaimana informasi tersebut, sirkuit Jalan Raya Mandalika saat ini masih belum dibangun, tapi sudah dalam proses homologation atau penyelesaian disain teknis sesuai standarisasi dan peraturan FIM.

Homologation merupakan langkah awal yang sangat penting, karena yang akan menilai layak atau tidaknya Mandalika menggelar MotoGP nantinya adalah standar dari FIM. (DN/eV)

NEXT: Marquez Juga Anggap Diri Sendiri Musuh di Lintasan