Home Paddock Sekali Jatuh di MotoGP, Biaya Perbaikan Motor Capai 8 Miliar

Sekali Jatuh di MotoGP, Biaya Perbaikan Motor Capai 8 Miliar

Sekali Jatuh di MotoGP, Biaya Perbaikan Motor Capai 8 Miliar
Marc Marquez, Repsol Honda 2018 / runganSport © YouTube.

Jakarta, runganSport –Balapan Motor Grand Prix merupakan olahraga motor paling akbar di dunia, yang disokong oleh teknologi tinggi untuk melindungi pembalap dan motor dari kecelakaan.

Walaupun pembalap, motor dan lintasan dibuat sedemikian rupa untuk meminimalisir jumalh kecelakaan, tapi tetap saja kecelakaan di MotoGP terjadi cukup sering setiap tahunnya.

Salah satu pembalap yang sering mengalami kecelakaan adalah rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Laman resmi Box Repsol menginformasikan bahwa biaya perbaikan motor MotoGP yang rusak akibat kecelakaan cukup bervariasi.

Kecelakaan kecil bisa menelan biaya perbaikian mulai 241 juta, sementara kerusakan terparah untuk satu unit motor dana untuk perbaikan saja mencapai 8 miliar.

Kecelakaan bukanlah hal yang lucu, karena kecelakaan kecil yang menyeret motor beberapa meter di atas tanah bisa menelap biaya €15.000 (241 juta) dan €20.000 (322 juta) untuk perbaikan.

Kecelaan kecil seperti ini biasanya terjadi kerusakan pada menutup bodi motor, pijakan kaki, tuas, rem belakang, atau elemen lain yang mungkin rusak.

Semnatar motor yang jatuh dalam kecelakaan yang keras biaya perbaikannya mencapai angka €100.000 (1.6 miliar), kecelakaan parah biasanya membuat rusak pada ban, rem cakram, suspensi, radiator, dan sensor.

Lebih parah lagi jika motor mengalami kerusakan pada lengan ayun, sasis, elektronik internal, tangki bahan bakar, atau mesin, biaya perbaikan bisa membengkak hingga setengah juta euro (8 miliar). (DN/eV)

NEXT: Strategi Ducati Bekuk Marquez di 2019