Serangan Balik Ducati: Pembalap Lain Juga Menang dengan Tekanan Ban Dibawah Batas

0
2861
Serangan Balik Ducati: Pembalap Lain Juga Menang dengan Tekanan Ban Dibawah Batas
Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) MotoGP Jerez, Spanyol 2022 / runganSport © MotoGP.

Ducati menyebut banyak pembalap lain di luar Ducati yang menang dengan menggunakan tenanan ban lebih rendah dari batas minimum.

Le Mans, runganSport — Paddock MotoGP memanas belakangan ini dengan topik utama kontroversi tekanan ban di bawah batas minimum setelah seri Jerez.

Rider Italia, Francesco Bagnaia disebut menang di Spanyol menggunakan motor dengan tekanan ban di bawah batas minimum yang ditentukan.

Pihak Ducati bergerak cepat dengan menggelar konferensi pers, bos pabrikan Bologna itu, Gigi Dall’Igna situasi di MotoGP saat ini terkait kisruh tekanan ban.

“Ada pembalap lain yang balapan dengan tekanan ban di bawah batas yang diizinkan, kita tahu itu. Dan kita tahu itu karena kita berbagi informasi.

Tapi saya tidak ingin menyebutkan nama seperti mereka yang memulai kebingungan ini.

Dan itu terjadi pada pembalap yang memenangkan balapan dan bukan pembalap Ducati,” kata Dall’Igna menyampaikan dalam konferensi pers, sebagaimana dimuat Motorcycle Sports.

“Saya bukan orang yang membuat kebingungan ini, juga tidak pernah mengeluh tentang pembalap sukses lainnya, bahkan jika mereka mungkin tidak memenuhi batas (tekanan ban).

Terutama karena saat ini, karena cara pengukuran dilakukan, bahkan mereka yang memiliki nilai dalam batas dapat menghadirkan angka palsu,” sambungnya.

Pria Italia itu mengungkapkan bahwa diskusi sedang dilakukan untuk menerapkan pengukuran tekanan ban baru dan sistem kontrol, juga menegaskan bahwa Ducati tidak bersalah.

“Sudah ada banyak aturan yang telah diperbaiki dan telah dikelola dengan baik di masa lalu.

Kontrol tekanan berkembang ke arah yang benar. Kami bekerja sama dengan Dorna, FIM dan Michelin untuk menerapkan sistem kontrol yang efektif. Itu tidak ada untuk saat ini dan semua orang mengetahuinya.

Nilai-nilai yang dimaksud tidak membuktikan bahwa aturan dilanggar karena metode yang digunakan untuk sampai pada nilai-nilai tersebut tidak benar.

Mereka tidak akan bernilai apa pun di hadapan hakim,” demikian Dall’Igna.

Baca: Mir Mengaku Tak Takut Bertandem dengan Marquez

Diketahui bahwa sebagain pembalap sering menggunakan ban di bawah batas minimum, ini bukan kali pertama di MotoGP. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here