Home Paddock Siapa Rider Paling Jago Ngerem, Rossi atau Marquez?

Siapa Rider Paling Jago Ngerem, Rossi atau Marquez?

Siapa Rider Paling Jago Ngerem, Rossi atau Marquez?
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Phillip Island, Australia 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Marc Marquez mendapat banyak pujian sebagai pembalap yang jago mengerem, tapi Valentino Rossi juga punya kemampuan serupa yang tak kalah keren.

Barcelona, runganSport — Pengereman di MotoGP menjadi salah satu hal paling penting untuk seorang pembalap, salah sedikit saja bisa kehilangan banyak waktu.

Bahkan pembalap Italia, Valentino Rossi yang sudah 20 tahun di Grand Prix, masih berusaha menjadi lebih baik ketika menarik tuas di starng kanan motornya.

Ini menunjukkan betapa pentingnya pengereman saat menggeber motor MotoGP, di MotoGP Jepang lalu Rossi untuk pertama kalinya mencoba menarik tuas rem depan dengan dua jari, sebelumnya ia biasa dengan teknik tiga jari.

“Sepertinya cara mengerem dengan motor ini telah berubah baru-baru ini, jadi kami mencoba beberapa hal, termasuk teknik dua jari. Saya pikir saya akan terus berusaha (lebih baik),” kata Rossi sebagaimana dimuat Speedweek.

Pembalap MotoGP lainnya juga banyak yang menyebut jika Rossi adalah salah satu rider terbaik soal mengerem.

“Rossi adalah orang yang tidak pernah kembali pada saat itu,” kata Zarco ketika ditanya oleh MotoGP.

“Rossi cukup logis untuk mengerem, saya punya beberapa kenangan tentang dia,” tambah Quartararo.

“Karena dia punya banyak pengalaman dan Anda dapat melihat dalam balapan bahwa ia menyalip banyak pembalap,” puji Syahrin kepada Rossi.

“Saya tidak tahu Marc Marquez atau Rossi. Saya bertarung dengannya beberapa kali di kelas 500 dan saya terkejut betapa terlambatnya dia bisa mengerem,” kenang Criville.

“Dulu ada Barros, yang mengerem seperti orang gila. Marquez sekarang adalah salah satu yang terbaik, dan Rossi juga,” tambah Biaggi.

“Saya akan mengatakan Marquez adalah salah satu yang terkuat. Saya pikir saya sangat baik juga saat pengereman.

Tapi Marquez lebih baik, terutama di hari Sabtu saat kualifikasi. Sulit dipercaya betapa terlambatnya dia bisa mengerem,” puji Aleix.

“Marquez adalah yang terbaik,” ujar Nakagami menegaskan, Morbidelli, Puig dan Miller juga sependapat dengan rider Jepang itu.

“Alasannya adalah bahwa ia (Marquez) memiliki bakat untuk apa yang kita sebut ‘menggosok kecepatan’; ketika Anda melihat Marquez di tikungan, ia berhasil mengubah Honda menjadi satu. untuk membawanya ke samping, yang berarti rem motor lebih cepat. Bagaimana dia melakukannya, itu hanya gaya Marquez dan itu bagus untuk ditonton,” jelas Mamola.

Lalu bagaimana cara bintang Repsol Honda itu menarik tuas rem depan?

Baca: Ketegangan Amerika vs Iran Ancam MotoGP Qatar?

Di Marquez menarik tuas rem dengan empat jari, karena sekarang sudah di kelas utama MotoGP, ia hanya menggunaka satu jari saja, sama dengan mantan rider asal Australia, Stoner dulu. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here