Home Paddock Sirkuit Mandalika Dipastikan Gagal Gelar Tes Pra-musim MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika Dipastikan Gagal Gelar Tes Pra-musim MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika Dipastikan Gagal Gelar Tes Pra-musim MotoGP 2021
Jorge Lorenzo (Monster Enrgy Yamaha) Tes Shakedown Sepang, MotoGP 2020 / runganSport © Twitter/GPOne.

Tak ada tes Pra-musim untuk MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika, Indonesia, sebagaimana informasi dalam rencana awal beberapa waktu yang lalu.

Jakarta, runganSportDorna Sports selaku penyelenggara MotoGP telah menghapus tes Pra-musim yang biasa berlangsung di akhir tahun musim sebelumnya.

Jadi, tak akan ada tes di Valencia dan Jerez (untuk persiapan 2021) setelah musim 2020 ini ditutup akhir November mendatang di Portugal.

Sebagai gantinya, tes Pra-musim MotoGP akan berlangsung di Sepang pada Februari dan satu lagi di Doha pada Maret.

Biasanya, tim Grand Prix dari ketiga kelas sudah menerima rencana tes Pra-musim selanjutnya di bulan Agustus pada tahun kompetisi berjalan, tapi karena kondisi global krisis korona, Dorna dan asosiasi tim IRTA telah menyusun rencana jadwal tes sementara.

Kemudian lain lagi hanya dengan sirkuit jalan raya Mandalika, yang jauh hari sebelumnya ditargetkan sudah bisa digunakan oleh pembalap untuk melaksanakan tes Pra-musim.

Sayangnya, rencana ini gagal terjadi karena sirkuit yang belum rampung sepenuhnya.

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak MGPA (Mandalika Grand Prix Association) Happy Harinto, yang menjabat sebagai Chief Strategic and Communication Officer.

“Untuk tes pramusim sudah dipastikan tidak jadi (digelar di Sirkuit Mandalika). Biasanya tes pramusim MotoGP itu awal tahun, dan kami belum selesai karena kondisi seperti ini,” kata Happy dalam berita yang dimuat CNN Indonesia.

Sementara itu, pembangunan sirkuit Mandalika ditargerkan rampung sekitar Juli 2021 mendatang, kurang lebih tiga bulan sebelum dipakai untuk balapan.

“Pembangunan sampai saat ini tidak berhenti, tetap berjalan. Juni-Juli 2021 bisa selesai dan sudah bisa digelar tes jelang balapan seperti yang biasa dilakukan,” tambah Happu optimis.

Baca: Tes Portimao: Lorenzo vs Pedrosa Tarung Lagi di MotoGP

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB direncanakan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2021, yang kemungkinan besar akan berlangsung sekitar Oktober . (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here