Home Paddock Speedweek Sebut Mandalika Mungkin Baru Rampung 2023

Speedweek Sebut Mandalika Mungkin Baru Rampung 2023

Speedweek Sebut Mandalika Mungkin Baru Rampung 2023
Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Le Mans, Prancis 2019 / runganSport © Gold & Goose.

Kalender MotoGP 2021 juga terancam terkena dampak Corona, dan sirkuit Mandalika di Indonesia bisa jadi baru akan rampung 2022 atau bahkan 2023 mendatang.

Jakarta, runganSport — MotoGP musim 2020 menjadi tahun kompetisi paling terpukul akibat wabah virus Corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia.

Spanyol dan Italia sebagai basis utama MotoGP menjadi yang terparah di Eropa, meski demikian balapan tahun ini telah diusahakan untuk direncanakan ulang, yang akan dimulai lagi 19 Juli mendatang.

Karena itu, bagaimana dengan MotoGP musim 2021 mendatang, apakah akan berdampak juga seperti tahun ini, apakah penyelenggara masih bisa menggelar 20 balapan sesuai rencana, juga bagaimana nasib sirkuit baru seperti Indonesia?

Dorna Sport sendiri belum merilis jadwal untuk 2021 karena kondisi saat ini, juga mereka masih fokus untuk mewujudkan balapan 2020.

“Tapi kami merencanakan kalender seperti semula yang dimaksudkan oleh kontrak yang ada,” kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta sebagaimana dimuat Speedweek.

Jadi ada 20 balapan direncanakan, tapi jika situasi Corona masih membutuhkan penyesuaian di beberapa negara, Dorna akan melakukan penyesuaian. Lalu mungkin ada musim yang sedikit diperpendek, satu atau beberapa seri lain bisa ditunda.

“Pertama, kami ingin memulai musim 2020 dengan baik dan aman,” tegas pria Spanyol itu.

“Maka pembicaraan akan dimulai musim depan. Sedangkan untuk 2021, kami tidak terburu-buru. Meskipun kesulitan, kami menganggap bahwa kami akan mengadakan Grand Prix pada tanggal yang biasa. Maka kalender dapat dirancang dengan cukup cepat. Jika perubahan diperlukan, itu tidak masalah,” tambahnya.

GP Finlandia dengan lintasan KymiRing awalnya dijadwalkan berlangsung pada 2020 ini dan sekarang harus mundur ke 2021.

Juga masalah sirkuit baru yang belum siap digunakan, seperti Mandalika di Lombok yang direncanakan untuk MotoGP Indonesia 2021, saat ini masih dalam proses pengerjaan dan mungkin baru selesai pada 2022 atau bahkan 2023.

Baca: Lorenzo Konfirmasi Negosiasi Ducati, Dovi Cuti Setahun?

Juga ada Hongaria yang tidak akan masuk kalender hingga 2023, dan sirkuit baru di Rio de Janeiro yang sudah memiliki kontrak dengan Dorna, tapi pandemi Corona telah memukul Brasil dengan keras, sejauh ini tidak ada yang tahu apa dampaknya pada pembangunan lintasan yang seharusnya digunakan Formula 1, dan MotoGP dipastikan tidak akan kembali ke Brasil sebelum 2023. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here