Stefania: Skill Kurang Menentukan di MotoGP Karena Elektronik

0
5179
Stefania: Skill Kurang Menentukan di MotoGP Karena Elektronik
Luca Marini (Sky VR46 Avintia) vs Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) Tes Pra-musim MotoGP 2021 Losail, Qatar / runganSport © MotoGP.

Valentino Rossi dan Luca Marini naik ke MotoGP di waktu dan era berbeda, era tanpa elektronik dan era elektronik, lantas apa yang membuat perbedaan?

Roma, runganSport — Sebagai seorang ibu, Stefania Palma tentu sangat bangga, karena tahun ini kedua puteranya, Valentino Rossi dan Luca Marini akan berada di kelas yang sama, MotoGP.

Rossi akan membalap untuk Satelit Petronas Yamaha SRT dan akan menjalani musim ke-16, semetara Marini akan memulai debutnya bersama Satelit Sky VR46 Avintia.

Stefania jelas mengetahui keunggulan masing-masing anaknya itu, juga dia sangat paham dengan detail teknis MotoGP, karena dia adalah orang yang paling banyak pengalaman di dunia balap, mulai dari menemani ayah Rossi ketika masih aktif di lintasa, lalu menemati Rossi sendiri dan sekarang juga bersama Marini.

Pengalaman panjang ini membuat Stefania kadang memberikan saran-saran penting kepada kedua bintang kebanggannya itu.

Bicara soal MotoGP, Stefania punya pandangan sendiri, terutama soal perbedaan era awal Rossi di MotoGP dan sekarang ketika Marini naik ke kelas utama.

Diakui Stefania bahwa dulu MotoGP lebih ditentukan oleh kecerdasan pembalap, sementara sekarang sangat dibantu elektronik, membuat bakat pembalap tak terlalu dibutuhkan.

“Rossi masuk ke MotoGP di waktu yang berbeda, kepekaan dan kecerdasan pembalap membuat perbedaan (menjadi penentu), sementara (MotoGP) sekarang ada elektronik, yang sangat membantu tapi banyak memperumit banyak hal.

Bakat pembalap kurang menentukan. Sebagai perbandingan, menurut saya Marini lebih rasional,” tutur Stefania dalam sebuah wawancara dengan Moto It, sebagaimana dimuat
Motosan.

Baca: Hasil Tes Pra-musim Moto2 2021 Qatar Hari 2

Rossi dan Marini akan mulai bersaing di seri pembuka Qatar nanti mulai 28 Maret di sirkuit Losail. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here