Home Paddock Stoner: MotoGP 2020 Bukan MotoGP

Stoner: MotoGP 2020 Bukan MotoGP

Stoner: MotoGP 2020 Bukan MotoGP
Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) Race MotoGP Catalunya, Spanyol 2020 / runganSport © MotoGP.

Casey Stoner pertanyakan status kompetisi tahun ini, apakah MotoGP masih bisa disebut sebagai kejuaraan dunia jika hanya berlangsung di Eropa dan menggunakan sirkuit yang sama dua kali.

Australia, runganSport — Awal Maret lalu seluruh pihak yang terlibat dalam Grand Prix sudah bersiap-siap menuju Qatar untuk pembuka musim MotoGP 2020.

Namun tepat semingggu sebelum balapan pertama, dunia dihebohkan oleh wabah virus Corona.

Mengacaukan seluruh dunia, termasuk jadwal MotoGP dibuat berantakan tak tersisa.

Dorna Sport selaku penyelenggara kemudian menjadwal ulang balapan setelah banyak seri dibatalkan.

Pada akhirnya balapan bisa digelar, hanya saja semuanya berlangsung di Eropa, dan beberapa sirkuit dipakai dua kali untuk dua akhir pekan berbeda.

Keberhasilan penyelenggara mempertahankan MotoGP tahun ini menjadi kabar baik bagi banyak pihak, meski balapan menyusut menjadi 14 seri dari rencana awalnya 20 kali balap.

“Luar biasa bahwa kami kembali ke balapan,” ujar mantan juara dunia MotoGP, Casey Stoner di podcast ‘Fast Lane’, seperti dilansir Motorsport-Total.

“Ini bagus untuk semua orang, termasuk tim dan sponsor. Ini lebih baik dari yang bisa dibayangkan siapa pun bahwa semuanya akan terjadi lagi,” sambung Stoner memberikan pendapatnya.

Tapi, apakah MotoGP masih bisa disebut MotoGP karena hanya balapan di Eropa dan menggunakan sirkuit yang sama berulang kali?

“Saya merasa agak sulit untuk menyebutnya sebagai kejuaraan dunia tahun ini, karena Anda (pembalap) bertarung dua kali di lintasan yang sama.

Jika pilihan sirkuit cocok untuk seseorang, itu akan menjadi keuntungan besar,” seru Stoner dengan penuh tanya.

“Saya juga bukan penggemar berat fakta bahwa Anda tidak keliling dunia tapi masih menyebutnya sebagai kejuaraan dunia.

Tapi balapan itu sendiri fantastis dan tentu saja jauh lebih baik ketimbang jika semua orang duduk di rumah,” demikian opini Stoner.

Baca: Resmi! Zarco – Martin Gabung Pramac Racing Ducati 2021

Hal yang dipertanyakan Stoner adalah apakah MotoGP masih bisa disebut sebagai kejuaraan dunia jika hanya berlagsung di Eropa dan menggunakan sirkuit yang sama dua kali. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here