Home Paddock Sulitnya Mencari Pengganti Rossi

Sulitnya Mencari Pengganti Rossi

SHARE
Sulitnya Mencari Pengganti Rossi
Valentino Rossi, Movistar Yamaha 2018 © MotorSport Magazine.

Valencia, runganSport — Magnet utama MotoGP saat ini masih bernama Valentino Rossi, namun rider Italia itu akan putus kontrak bersama Movistar Yamaha dipenghujung musim 2018 ini.

Artinya, besar peluang Rossi akan pensiun andai ia gagal tampil maksimal di enam seri pembuka musim ini.

Rossi harus bisa tampil kompetitif dan konsisten di enam seri awal sebagai syarat mendapat perpanjangan kontrak barunya bersama Yamaha.

Melihat performa Rossi dalam dua tahun terakhir, ada penurunan drastis dalam jumlah kemenangan, pada 2016 Rossi hanya berhasil menang satu kali yakni di seri Catalunya saja, begitu juga dengan musim 2017 kemarin, Rossi hanya mampu menang sekali di GP Belanda.

Bagaimana dengan enam seri tahun ini, apakah Rossi masih kuat melawan gempuran gerombolan rider-rider muda macam Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales.

Andai Rossi gagal dan akhirnya memutuskan pensiun begitu MotoGP 2018 usai, pekerjaan terberatnya akan muncul dalam bentuk lain.

Masalah utamanya adalah siapa pengganti Rossi yang layak, semua orang sekarang masih kesusahan mencari sosok pengganti The Doctor.

Yang paling memungkinkan adalah anak didik Rossi sendiri di VR46 Rider Academy, Franco Morbidelli.

Tapi juara dunia Moto2 2017 itu sama sekali tak punya pesona untuk mengikat hari penonton layaknya sanga guru, juga performa balapnya yang terbilang masih berada di level biasa-biasa saja.

“Akan sulit mencari penerus Rossi, namany begitu besar di dunia balap, sangat berat rasanya andai ia memilih pensiun.

Saat ini Italia memang sudah punya banyak rider belia berbakat, misalnya seperti anak didik Rossi, Morbidelli.

Vale atau Marc? #runganSport #MotoGP

A post shared by DN Han (@dnhan14) on

Tapi tetap saja masih terlalu dini untuk menentukan siapa penerus yang tepat untuk Rossi, yang paling sulit adalah menemukan pembalap yang punya karakter khas Rossi,” kata mantan pembalap MotoGP berdarah Italia, Loris Capirossi kepada La Gazzetta dello Sport.

Musim 2018 akan semakin sulit bagi Rossi, umur mulai bertambah, juga kekuatan saingan-sangain mudanya semakin membara, mereka sudah sangat siap menerkam kedigdayaan Rossi habis-habisan. (DN/vU)

NEXT: Andai Tetap di Suzuki, Vinales Bisa Juara Dunia