Home Paddock Tambah Kontrak, Indonesia Gelar MotoGP Selama 10 Tahun

Tambah Kontrak, Indonesia Gelar MotoGP Selama 10 Tahun

Tambah Kontrak, Indonesia Gelar MotoGP Selama 10 Tahun
Alex Rins (Suzuki Ecstar) MotoGP Red Bull Ring, Austria 2019 / runganSport © MotoGP.

Indonesia akan menggelar balapan MotoGP selama sepuluh tahun, setelah mendapat tambahan kontrak baru lima musim.

Jakarta, runganSport — Indonesia ditargetkan mulai kembali menggelar MotoGP pada 2021 mendatang, dengan venue baru di Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Saat ini sirkuit model jalan raya tengah dibangun untuk acara akbar tersebut.

Awalnya, Indonesia mendapat kontrak selama lima tahun untuk menjadi tuan rumah dari Dorna Sport, tapi sekarang ada perkembangan positif, yakni menjadi negara penyelengara selama 10 tahun.

Terkait kabar gembira ini, Pelaksana MotoGP di Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), lewat Chief Strategic Communication Officer MGPA, Happy Harinto mengonfirmasi hal tersebut.

Hanya saja Indonesia harus perlu melengkapi beberapa persyaratan lain untuk benar-benar resmi menjadi tuan rumah MotoGP di Mandalika untuk 10 tahun ke depan.

“Intinya kami MGPA, secara menyeluruh sudah melakukan pembicaraan resmi dengan Dorna.

Surat-menyurat juga sudah kami lakukan. Kami mendapatkan persetujuan menggelar MotoGP selama 10 tahun, hanya saja kami masih menyiapkan legalnya,” ujar Happy Harianto sebagaimana diberitakan CNN Indonesia.

Indonesia bakal menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang akan menggelar Grand Prix, karena saat ini sudah ada Malaysia dan Thailand yang sudah lebih dulu menjadi penyelenggara.

Juga, dengan hadirnya Indonesia pada 2021 mendatang, akan membuat seri MotoGP menjadi 21 balapan dalam satu musim, dengan syarat tak ada seri lain yang mundur.

Tapi beredar kabar bahwa MotoGP Ceko di sirkuit Brno tak akan bisa lagi menggelar balapan setelah 2020, karena alasan finansial, tapi belum ada pengumuman resmi tentang hal itu.

Baca: Klasemen Sementara MotoGP Virtual Usai Seri Austria 2020

Indonesia juga akan menjadi negara pertama di MotoGP yang memperkenalkan konsep sirkuit jalan raya, jadi akan semakin membuat seri baru ini lebih berbeda dari kebanyakan negara lainnya. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here