Home Paddock Tanpa Elektronik, Rossi Tak Terkalahkan Saat Ini

Tanpa Elektronik, Rossi Tak Terkalahkan Saat Ini

Tanpa Elektronik, Rosi Tak Terkalahkan Saat Ini
Marc Marquez (Repsol Honda) vs Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Barcelona, runganSport — Legenda MotoGP asal Australia, Casey Stoner tahun lalu pernah berujar bahwa rider Italia, Valentino Rossi akan tampil tak terkalahkan jika motor MotoGP era sekarang ini tak sepenuhnya bergantung pada elektronik.

Stoner sangat yakin dengan kemampuan balap mantan musuh bebuyutannya itu, meski usianya sudah tak muda lagi, tapi Rossi masih punya semangat yang sama di lintasan.

Saat ini yang menjadi isu utama pada Yamaha M1 juga berhubungan dengan elektronik, masalah ini sudah membuat yamaha kesusahan sejak musim 2016 lalu, sebelumnya pada 2015 Yamaha tampil begitu kuat.

Tapi sejak 2016 sampai sekarang, Yamaha semakin hari telihat semakin sulit bersaing dengan pabrikan lainnya, masalah utama mereka masih sama, yakni elektronik.

“Jujur saja, untuk saat ini Rossi sudah tak punya kecepatan lagi untuk memenangkan gelar juara dunia, meski namanya tetap sebagai rider top,” kata Stoner kepada Speedweek.

Rossi lebih seperti saya, kalau saja elektronik tidak terlalu dominan dan kekuatan hanya dikendalikan oleh pergelangan tangan seorang pembalap, saya rasa Rossi akan tetap menjadi yang terdepan di lintasan,” tambahnya menjelaskan.

Tapi kondisi persaingan di MotoGP saat ini sudah berubah dan eletronik memegang peranan penting kompetitif tidaknya motor seorang pembalap.

Rossi sendiri sudah tak pernah menang balap lagi di MotoGP setelah seri Assen, Belanda musim 2017 yang lalu.

Rider asal Tavullia itu melewatkan musim 2018 dengan tanpa satupun kemenangan di tangannya.

Awal musim 2019 ini, Rossi kembali terlihat kesulitan dengan motornya, dan masih belum bisa menang setelah tujuh seri berjalan.

Sekarang ia berada di urutan kelima klasemen sementara dengan 72 poin.

The Doctor mengaku langkah beratnya musim ini salah satu karena faktor motor yang belum sepenuhnya kompetitif. (DN/eV)

NEXT: Yamaha Siapkan Quartararo Jadi Pengganti Rossi