Ternyata Ini Penyebab Suzuki Selalu Kalah di Kualifikasi

0
5836
Ternyata Ini Penyebab Suzuki Selalu Kalah di Kualifikasi
Joan Mir (Suzuki Ecstar) MotoGP Losail, Doha 2021 / runganSport © MotoGP.

Suzuki selalu kesulitan di sesi Kualifikasi, tapi sangat baik dalam balapan.

Spanyol, runganSport — Pembalap Spanyol, Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020, tanpa pernah mendapat posisi Pole di sepanjang Kualifikasi musim lalu.

Kelemahan di kualifikasi juga terlihat di dua balapan awal musim baru ini.

Tak jarang, Mir dan rekan setimnya, Alex Rins harus berjuang dari kelompok tengah untuk memulai balapan.

Lantas kenapa motor Suzuki tak terlalu bisa menyerang ketika menjalani sesi penentuan posisi start, terutama untuk Q2?

Kepala kru untuk Mir, Frankie Cardechi akhirnya bersedia memberikan sedikit penjelasakan tentang penyebab Suzuki sering terpuruk di sesi kualifikasi.

“Bohong kalau saya tak bilang kami tidak menangani area ini selama musim dingin. Meski Suzuki tidak pernah fokus pada area tertentu. Untuk meningkatkan performa kami dan motor, kami mengerjakan semua area,” kata Cardechi kepada Motorsport.

“Kami tidak fokus pada satu area spesifik untuk meningkatkannya dan melemahkan yang lainnya. Itu selalu tentang paket (motor) secara keseluruhan,” sambungnya.

“Secara teori, itu artinya semakin jauh grid kita, maka seharusnya semakin mudah.

Kesulitannya bukan untuk mengorbankan keunggulan kita dalam balapan, tapi hanya untuk memperbaiki kualifikasi. Saya katakan kami sudah meningkat satu sama lain, dari tahun pertama ke tahun kedua, jika tidak dibilang bagus,” jelasnya.

Walau masih sulit, tapi Suzuki sekarang sudah mulai sering masuk ke Q2 dan ini akan menjadi modal kuat mereka mendapat start yang bagus.

“Kami berhasil menembus Q2 90% dari sisi waktu. Apa yang kami harus lakukan saat ini adalah memeras lebih lagi untuk balapan,” terang Cardechi seperti dilansir Motorsport Indonesia.

Hal lain, Cardechi juga sedikit mengkritik cara pembalap lolos ke Q2, yakni berdasarkan laptime gabungan FP1, FP2 dan FP3.

Karena pada pembalap biasanya lebih fokus ke kecepatan balapan ketimbang mencetak satu lap cepat ketika menjalani sesi Latihan Bebas.

“Dalam latihan (FP), kami lebih banyak berkonsentrasi pada balapan ketimbang satu lap cepat,” serunya?

Baca: Gardner Ternyata Punya Kontrak Moto2 dan MotoGP Sekaligus

Meski sering bermasalah di sesi Kualifikasi, tapi keunggulan Suzuki dalam balapan bisa sedikit menutup celah tersebut. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here