Home Paddock Ternyata Ini Penyebab Utama Lorenzo Gagal di Ducati

Ternyata Ini Penyebab Utama Lorenzo Gagal di Ducati

Ternyata Ini Penyebab Utama Lorenzo Gagal di Ducati
Jorge Lorenzo (Ducati Team) MotoGP 2018 / runganSport © beIN SPORTS.

Test Rider Ducati menjelaskan alasan utama mengapa Jorge Lorenzo sampai gagal membawa Ducati menjadi juara dunia.

Roma, runganSport — Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo sempat menghebohkan MotoGP diakhir musim 2016 yang lalu, saat itu ia menerima bayaran termahal sebagai pembalap setelah menerima kontrak dua tahun dari Ducati.

Pabrikan Italia itu yakin mereka bisa kembali bangkit dengan harapan gelar juara dunia bersama X-Fuera.

Sayangnya, proyek ambisius mereka gagal total, Lorenzo yang selalu tampil tangguh sejak 2008 sampai akhir 2016, tiba-tiba menjadi pembalap pengisi barisan belakang dengan motor baru bagi kehidupan karir balapnya.

Bahkan Lorenzo terlihat menderita hampir sepanjang musim pertama di atas Desmosedici.

Baru di tahun kedua ia mulai bangkit, namun itu semua sudah terlambat, karena Lorenzo dan Ducati sudah lebih dulu sepakat untuk berpisah, hanya beberapa hari sebelum kemenangan perdananya bersama GP18.

Tapi performa secara umum anak Mallorca itu dinyatakan gagal di Ducati karena lambat beradaptasi, begitulah pandangan dari Michele Pirro, orang yang mengembangkan mesin Desmosedici selama ini.

“Masalahnya karena Lorenzo lambat beradaptasi dengan motornya (Ducati), karena ketika ada begitu banyak harapan dan tekanan Anda tidak bekerja dengan baik.

Lorenzo jelas merupakan bakat luar biasa, tapi sulit untuk dikelola,” beber Pirro sebagaimana dimuat Tuttomotoriweb.

Lorenzo hanya sempat bertahan dua musim bersama tim Merah Bologna itu, karena mulai 2019 ia beralih ke pabrikan lain lagi.

Andai saja waktu itu Lorenzo masih bersama Ducati untuk musim ketiga dan keempat, Pirro yakin Ducati bisa kembali bertarung untuk gelar bersama Lorenzo.

“Dia melihat hal-hal yang tidak berjalan dengan baik. Ketika dia membebaskan dirinya dari polemik kontrak, dia secara mental membuka dirinya, kembali menjadi kompetitif dan menang.

Pendapat saya, kalau saja Lorenzo tetap tinggal, dia akan berjuang untuk gelar, bahkan jika itu akan sangat sulit karena bersaing dengan Marquez,” demikian Pirro yakin.

Baca: Seperti Ini Kekuatan Marquez Jika Pakai Ducati

Lorenzo pada akhuirnya semakin gagal bersama Repsol Honda, keterpurukan sepanjang musim 2019 membuatnya harus keluar dari MotoGP. (DN/eV)

1 Komentar

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here