Tim Rossi Kritik Peran Ganda Pengganti Marquez, Diduga Untungkan Honda

0
10192
Tim Rossi Kritik Peran Ganda Bradl, Diduga Untungkan Honda
Stefan Bradl (Repsol Honda) MotoGP Portimao, Portugal 2020 / runganSport © MotoGP.

Petronas Yamaha SRT dan Red Bull KTM Factory Racing mengkritik peran ganda Stefan Bradl, yakni menjadi penguji dan pembalap pengganti sepanjang 2020 kemarin.

Roma, runganSport — Sepanjang MotoGP musim 2020 kemarin sejak seri Brno, Ceko, pembalap penguji HRC, Stefan Bradl menjadi pengganti semenrara rider Repsol Honda, Marc Marquez, sampai akhir musim.

Hal ini membuat beban kerja Bradl bertambah dan juga menjadi peran ganda, penguji sekaligus pengganti, kemungkinan hal ini juga akan dilanjutkan di 2021 selama Marquez
masih absen dari balapan.

Namun beberapa rival melihat hal ini sebagai keuntungan yang ilegal, mengapa demikian?

Tapi lama kelamaan Bradl nampak seperti pembalap reguler, bukan lagi pembalap pengganti, sementara pabrikan lain harus mematuhi batasan pengujian. Dan tidak ada yang berubah di awal musim 2021. Bradl sudah menjalani tes di Spanyol, sementara pembalap reguler MotoGP harus menunggu hingga tes resmi Pra-musim di Qatar nanti.

Petronas Yamaha SRT adalah salah satu tim yang tidak senang dengan situasi tersebut.

“Bradl semakin menjadi pembalap reguler. Saya pikir itu tidak benar untuk melakukan tes dan kemudian bersaing sebanyak mungkin balapan sebelumnya dan bagaimana itu akan terjadi.

Itu adalah sesuatu yang harus kita perhatikan,” kata Direktur tim Petronas, Johan Stigefelt kepada Motorsport-Total.

Selain Petronas, pabrikan KTM juga melayangkan protes jauh hari sebelumnya.

“Honda tentu mendapat keuntungan tahun lalu, karena penguji mereka Bradl. Sebagai tim juara dunia, HRC mendapat peluang pengujian seperti yang hanya dimiliki tim konsesi. itu tak adik kepada pabrikan lain.

Itulah sebabnya kali akan membahas di masa mendatang apakah seorang pembalap penguji boleh turun sebagai pembalap pengganti maksimal tiga atau empat kali dalam setahun.

Pendekatan kami tidak hanya ditujukan kepada Bradl, tapi tentang peluang yang sama,” ujar Pit Beirer yang menjabat Direktur Motorsport KTM kepada Speedweek, sebagaimana dimuat GPOne.

Baca: Pol Ingin Juara Dunia MotoGP dengan Motor Marquez

Dan Honda kemungkinan besar tetap akan menurunkan Bradl sebagai pengganti Marquez di beberapa seri awal MotoGP tahun ini. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here