Vermeulen: Morbidelli Rider Nomor 1 2020, Bukan Mir

0
13036
Vermeulen: Morbidelli Rider Nomor 1 2020, Bukan Mir
Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) Race MotoGP Portimao, Portugal 2020 / runganSport © Petronas SRT.

Menjadi juara dunia bukan berarti Joan Mir otomatis menjadi favorit, performa gimilang Franco Morbidelli lebih memukau di mata Chris Vermeulen.

Portimao, runganSport — Bintang muda Spanyol, Joan Mir berhasil mengukuhkan diri sebagai juara dunia MotoGP 2020, musim tergila Grand Prix sejauh ini.

Rider Suzuki Ecstar itu mengalahkan pembalap Satelit Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dengan selih 13 poin di klasemen akhir.

Advertisements

Mir hanya menang satu kali tapi total ada tujuh kali naik podium, konsistensi adalah kunci utama kesuksesannya.

Tapi bukan berarti Mir menjadi favorit di mata semua orang, ia boleh saja menjadi juara dunia, namun tak semua orang menanggapnya nomor satu.

Mantan rider MotoGP asal Brisbane, Australia, Chris Vermeulen, memilik Morbidelli yang menang tiga kali sebagai rider teratas 2020, bukan Mir.

Vermeulen mengaku terkesan dengan bagaimana cara Morbidelli menghadapi musim ini.

“Saya tidak memilih juara dunia sebagai nomor satu. Franco Morbidelli, dia adalah orang di akhir tahun yang menjadi pembalap tercepat di MotoGP,” kata Vermeulen dalam Podcast Perusahaan Grand Prix Australia, bertajuk In the Fast Lane, sebagaimana disajikan oleh Spokes Australia.

Advertisements

“Orang lain mengatakan bahwa dia menggunakan Yamaha 2019 dan itu lebih baik daripada Yamaha versi 2020, tapi Rossi membuat beberapa poin menarik dan berkata ‘ya motornya berbeda’ dan ada lebih banyak data tentang itu … tapi perbedaan terbesar adalah Morbidelli dan Anda harus mendengarkan Rossi, dia salah satu orang yang mengendarainya,” lanjut analis Fox Sports TV itu.

Lau apa alasan Vermeulen tak memilih Mir sebagai yang terbaiknya untuk musim 2020. Yang pada dasarnya ia tahu potensi Mir dan ia menyebut tim Suzuki sudah menduga pembalapnya akan secepat ini.

“Saya mengenal kepala krunya, Frankie Carchedi dengan cukup baik dan dia mengatakan Alex Rins perlu berhati-hati, Mir akan cepat … kedewasaannya, kecepatannya dan kemampuannya beradaptasi dengan motor MotoGP cukup mengesankan,” akui Vermeulen.

Baca: Stoner Sebut Mir Juara Dunia ‘Minim Skill’, Tapi

Meski demikian, Vermeulen secara kontroversial tidak memilih Mir sebagai rider nomor satu tahun ini, tapi ia sangat terkesan dengan Morbidelli. (DN/eV)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here