Home Paddock Vinales Terancam Didepak Tim Pabrikan Yamaha

Vinales Terancam Didepak Tim Pabrikan Yamaha

Vinales Terancam Didepak Tim Pabrikan Yamaha
Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) vs Alex Rins (Suzuki Ecstar) Race MotoGP Le Mans, Prancis 2019 / runganSport ©MotoGP.

Le Mans, runganSport — Dalam lima seri awal musim ini, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales baru satu kali naik podium.

Vinales berhasil finis ke-3 di MotoGP Spanyol yang berlangsung di sirkuit Jerez.

Ini menjadi hasil terbaik Vinales sejauh musim 2019 berjalan, selebihnya Vinales tampil biasa saja.

Di klasemen sementara, Vinales hanya sanggup mengamankan urutan ke-10 dengan totol 30 poin, sudah tertinggal 65 poin dari pemuncak klasemen sementara, Marc Marquez.

Pengamat senior MotoGP, Carlo Pernat berujar bahwa posisi Vinales sekarang ini tengah dalam ancaman dan potensi terdepak dari Yamaha.

Kontrak Vinales sebenarnya baru akan habis per musim 2020 mendatang, tapi bisa saja berhenti di tengah jalan andai terget dan capaian Vinales tak kunjung memuaskan Yamaha.

“Soal Vinales, saya jadi teringat Marco Melandri.

“Saat ini ia berpotensi menjalani musim yang sangat buruk dan itu bisa membuatnya kehilangan kursi di tim pabrikan,” kata Pernat kepada media Italia, GPOne.

Pernat tahu bahwa Vinales punya kontra sampai 2020 mendatang bersama Yamaha, tapi itu bukan sepenuhnya jaminan aman untuk rider Spanyol itu.

“Meski faktanya Vinales memiliki kontrak dua musim, bisa saja dia turun ke tim Satelit Petronas, saya rasa Yamaha akan memikirkan tentang hal itu,” sambung pria Italia itu.

Di tim Yamaha satelit saat ini sudah ada dua pembalap muda jagoan, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Juga ada beberapa nama kuat yang punya potensi lebih baik jika bergabung dengan Yamaha, termasuk Alex Rins dan beberapa nama-nama yang masih bertarung di Moto2 saat ini.

Tapi, keputusan semuanya ada pada Yamaha, apakah akan tetap pada kontrak awal dengan Vinales atau malah akan meminang rider lainnya yang lebih potensial? (DN/eV)