Home Paddock Virus Corona, MotoGP Thailand Terancam Ditunda

Virus Corona, MotoGP Thailand Terancam Ditunda

Virus Corona, MotoGP Thailand Terancam Ditunda
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Buriram, Thailand 2019 / runganSport © MotoGP.

Dorna Sport menjelaskan bahwa masalah kesehatan menjadi prioritas utama pihaknya, seri MotoGP Thailand bisa saja ditunda karena terkait masalah virus Corona.

Madrid, runganSport — Di awal tahun 2020 ini ada banyak peristiwa dan kejadian tak terduga, khusus yang berimbas pada balap roda dua ada beberapa negara yang kemungkinan bermasalah.

Pertama kemarin adalah masalah kebakaran hebat di Australia, yang bisa saja menganggu gelaran seri pembuka untuk balap World Superbike musim ini.

Tapi sekarang masalah sudah teratasi, kemudian untuk MotoGP Qatar beberapa pekan lalu juga dirumorkan akan terkena dampak ketegangan geo-politik Iran vs Amerika Serikat, mengingat Doha sangat dekat dengan wilayah konflik.

Kemudian yang terbaru adalah isu kesehatan di Asia Tenggara, adalah Thailand yang terancam seri balap tahun ini akan terganggu dengan adanya masalah virus Corona.

MotoGP Thailand tahun 2020 ini rencananya akan digelar di Sirkuit Buriram, yang akan berlangsung 19-22 Maret mendatang, tapi sekarang terancam ditunda lantaran wabah virus corona di negara tersebut.

Pihak Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, selaku penyelenggara MotoGP, mengatakan pihaknya masih menunggu kepastian dari pemerintah Thailand terkait jaminan keselamatan.

“Kami akan tampil di MotoGP Qatar dengan aman sesuai jadwal (5-8 Maret), karena mereka memastikan tidak ada bahaya.

Tapi, untuk menuju ke Thailand kami harus mendapatkan informasi dari pemerintah Thailand dan kami menunggu jawabannya,” terang Ezpeleta kepada media Spanyol, AS.

Tahun lalu MotoGP Thailand digelar pada bulan Oktober, sama dengan musim perdananya di 2018.

Karena tahun ini ada satu seri baju, Thailand dengan drastis dipindahkan ke seri kedua setelah Qatar, yakni pada Maret mendatang.

Masalah virus Corona, Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang terkena penyebarannya.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press, hingga Jumat (14/2), total sudah ada 33 orang yang terkena virus corona di Thailand.

Ezpeleta berharap pihak pemerintah Thailand bisa dengan segera menjamin keselamatan rombongan MotoGP. Jika tidak maka Dorna akan mengubah jadwal MotoGP Thailand untuk tahun ini.

“Semuanya akan tergantung pada pihak pemerintah Thailand, apakah kami akan pergi atau tidak, karena keselamatan jelas menjadi prioritas utama kami.

Jika kami tidak bisa pergi pada Maret, maka kami akan mencari tanggal lain. Kami berharap pemerintah Thailand memberi kami sesuatu dalam waktu dekat,” harap pria Spanyol itu.

Baca: Ketegangan Amerika vs Iran Ancam MotoGP Qatar?

Selain MotoGP Thailand, kejuaraan balap lain, Formula 1 seri China juga akan ditunda karena masalah yang sama. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here