Home Paddock Yamaha Bangun Motor Super Untuk Rossi 2020

Yamaha Bangun Motor Super Untuk Rossi 2020

Yamaha Bangun Motor Super Untuk Rossi 2020
Yamaha M1 Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Silverstone, Inggris 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Menyambut MotoGP 2020, Yamaha tengah gencar mempersiapkan motor yang kompetitif, dan optimis bisa keluar dari krisis berkepanjangan mereka selama ini.

Misano, runganSport — Yamaha MotoGP telah memperkenalkan cikal bakal motor mereka untuk musim 2020 di tes Brno dan Misano kemarin.

Baik Valentino Rossi maupun Maverick Vinales, telah mencoba langkah awal mereka dengan mesin baru Yamaha.

Meksi belum sempurna sepenuhnya, tapi ada rasa optimisme tinggi menatap tahun depan.

Pemimpin proyek Yamaha MotoGP, Takahiro Sumi yakin bahwa mereka akan bisa keluar dari masalah krisis yang melanda selama ini.

“Setelah musim lalu yang membawa malapetaka, kami harus mengubah sesuatu, mengubah motor dan juga pada cara berpikir kami, terutama dalam hal pengembangan.

Kami telah mengubah banyak hal kecil, ada sedikit berbeda, sekarang kami benar-benar menggunakan setiap sumber daya untuk mengembangkan motor yang lebih kompetitif dan
keluar dari krisis untuk tahun depan,” ujar Sumi menjelaskan sebagaimana dimuat Speedweek dan Moto It.

Premis ini mungkin tampak lebih filosofis daripada praktis, tetapi tampaknya ide-ide tentang masa depan lebih jelas di Yamaha.

Di tes Misano kemarin, Yamaha nampak paling serius selama dua hari uji coba, membawa banyak part untuk dites sebagai persiapan membangun motor 2020.

Yamaha mulai menguji swingarm karbon guna mengoptimalkan traksi saat keluar tikungan, dan mengelola fleksibilitas lateral dengan lebih baik, juga ada knalpot ganda baru pada M1.

“Karena elektronik dan ban di MotoGP telah berubah, kami mengalami beberapa masalah pengembangan.

Anda tidak dapat menyelesaikan dua puluh masalah secara bersamaan, jadi kami fokus pada yang paling penting lebih dulu,” sambung Sumi.

Baca: Yamaha Akhirnya Bicara Kelemahan Terbesar Motor Rossi

Keluhan berkepanjangan Rossi dan kadang-kadang Vinales adalah ban, dan Michelin sudah memperkenalkan ban baru untuk 2020.

“Ban baru yang diusulkan oleh Michelin untuk musim 2020 sangat disukai oleh para pembalap.

Namun tidak dikatakan bahwa mereka mewakili kemajuan bagi semua pembalap; secara logis kita harus memperhatikan bagaimana mereka mempengaruhi perilaku dinamis motor kita,” ungkap pria Jepang itu.

Akankah Rossi akhirnya punya Yamaha M1 yang benar-benar kompetitif di tahun 2020? Motor yang bisa membawanya menuju pertarungan gelar juara dunia kesepuluh. (DN/eV)

NEXT: Quartararo Jangan Mimpi Samai Marquez

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here