Home Paddock Yamaha Tak Uji Motor dengan Lorenzo Ternyata Bagian dari Strategi

Yamaha Tak Uji Motor dengan Lorenzo Ternyata Bagian dari Strategi

Yamaha Tak Uji Motor dengan Lorenzo Ternyata Bagian dari Strategi
Jorge Lorenzo (Monster Energy Yamaha) vs Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) Tes MotoGP di Sepang, Malaysia 2020 / runganSport © Crash.

Yamaha sengaja menunda tes motor 2020 dengan Jorge Lorenzo, karena khawatir sang test rider tiba-tiba menyebrang ke Ducati lagi.

Misano, runganSport — Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2019 kemarin, kemudian ia menerima tawaran sebagai penguji Yamaha di Eropa untuk musim 2020.

Setelah itu, muncur rumor lain soal comeback Lorenzo bersama Ducati sebagai pembalap reguler penuh waktu.

Atas alasan inilah -selain kondisi darurat COVID-19- Yamaha membatasi Lorenzo menyentuh mesin mereka, Lorenzo hanya sempat menguji M1 di tes Shakedown Test Sepang sekirat 20 lap.

Agar informasi terbaru mengenai mesin Yamaha tak dibocorkan Lorenzo andai X-Fuera resmi kembali ke Ducati nantinya.

Hal ini berlangsung sampai Gigi Dall’Igna memastikan mereka tak akan bekerjasama lagi dengan Lorenzo.

Stretegi Yamaha sudah sangat tepat, karena selalu ada risikonya mentransfer berita penting secara strategis kepada lawan-lawannya, termasuk di tes terakhir kemarin di Misano, Yamaha belum benari menurunkan Lorenzo.

Tapi sekarang sudah jelas bahwa Ducati dan Lorenzo gagal mencapai kesepakatan, dan ia kini berharap bisa memperbarui kontraknya dengan Yamaha sebagai penguji, meski tak menyembunyikan fakta bahwa dirinya sudah mendapat tawaran lain.

“Ketika COVID-19 muncul, seluruh program pengujian kami di Eropa dibatalkan. Orang Jepang telah memutuskan untuk melakukan semua tes di sana di Jepang, tapi sekarang banyak hal telah berubah dan kami akan membuat pengecualian, kami akan melakukan tes di Portimao pada 7 dan 8 Oktober,” kata Maio Meregalli kepada MotoGP.

Yamaha baru akan menurunkan Lorenzo di tes Portugal nanti, karena harus ada informasi penting sebelum balapan pertama di Portimao.

“Portimao adalah sirkuit yang benar-benar baru bagi kami. Kami tidak punya data (sebelumnya), kami perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk mempersiapkan akhir pekan Grand Prix,” ujar Meregalli menambahkan.

Baca: Jadwal Race MotoGP Emilia Romagna 2020

Untuk tahun depan, apakah Lorenzo masih akan dipercaya Yamaha sebagai penguji atau akan pindah ke tempat lain? (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here