Home Paddock Yamaha Tolak Alex Marquez

Yamaha Tolak Alex Marquez

Yamaha Tolak Alex Marquez
Alex Marquez (EG 0’0 MarcVDS) Moto2 2019 / runganSport © Crash.

“Dua saudara dalam dua tim pabrikan Jepang yang bermusuhan, itu akan menjadi situasi yang sangat aneh di MotoGP. Jadi, tak ada tempat untuk adik Marquez”.

Spielberg, runganSport — Dalam beberapa pekan yang lalu, santer terdengar bahwa pembalap Spanyol, Alex Marquez akan pindah ke Petronas Sprinta Racing Moto2, dengan tujuan agar bisa naik ke MotoGP bersama Satelit Yamaha.

Namun jalan tersebut mendapat hambatan besar, karena Yamaha tidak ingin ada nama Emilio Alzamora di paddock mereka nantinya.

Awalnya Marquez dan manajernya, Alzamora sudah setuju dengan tim Petronas Sprinta Brno kemarin, bahwa mereka akan membalap bersama di Moto2 musim 2020.

Namun kemudian kesepakatan itu gagal, karena pertama, Alzamora tiba-tiba mengajukan tuntutan lebih lanjut setelah perjanjian. Dan kedua, Yamaha memveto.

Alzamora menuntut agar ada jaminan selanjutnya dari Yamaha bahwa Alex Marquez akan berada di Petronas Yamaha di MotoGP 2021

Tetapi situasi kemudian memanas pada hari Jum’at di Spielberg. Tim Petronas mundur.

“Saya bertanggung jawab atas MotoGP di Petronas. Johan Stigefelt bertanggung jawab atas tim Moto2.

Saya tahu bahwa negosiasi di Austria gagal pada hari Jum’at. Tapi situasinya entah bagaimana berubah dari jam ke jam,” ujar Manajer tim Petronas Yamaha, Wilco Zeelenberg kepada Speedweek.

Bagaimana Tanggapan Lin Jarvis?

Setelah itu muncul lebih banyak kejelasan, yakni Petronas-Yamaha tidak bisa dan tidak akan memberi Alex Marquez jaminan tempat di MotoGP 2021.

“Apa yang dilakukan Petronas di Moto2 bukanlah topik kami. Tapi di Yamaha kami belum memikirkan tentang line-up pembalap untuk musim 2021.

Saya tidak bisa mengatakan lebih banyak tentang itu,” kata direktur balap Yamaha Lin Jarvis kepada Speedweek, Minggu (11/8) kemarin di Spielberg.

Untuk alasan diplomatik, Yamaha tidak ingin mengkonfirmasi secara resmi bahwa “Yamaha dengan tegas menolak kesepakatan MotoGP dengan Alex Marquez dengan alasan karena Emilio Alzamora, juara dunia 125 cc (1999), yang juga menjadi manajer untuk rider Repsol Honda, Marc Márquez dan telah memiliki hubungan dekat dengan Honda Racing Corporation selama hampir sepuluh tahun. Pria Spanyol itu selalu berada di dalam paddock Repsol Honda”.

Tak Ada Tempat untuk Adik Marquez di Yamaha

Yamaha Motor Racing, bagaimanapun, tidak ingin punya mata-mata HRC lancang di paddock mereka, dan tidak ingin mengambil resiko dengan Alex Marquez, yang bisa saja pergi meninggalkan Yamaha suatu saat nanti.

“Dua saudara dalam dua tim pabrikan Jepang yang bermusuhan, itu akan menjadi situasi yang sangat aneh di MotoGP.

Jadi, tak ada tempat untuk adik Marquez,” kata seorang anggota tim Yamaha.

Untuk alasan ini, Yamaha membatalkan komitmen dan menentang pra-kontrak dengan Alex Marquez.

Baca: Yamaha Cekal Marquez Bersaudara Selamanya

Apa Kata Petronas?

Razlan Razali yang menjadi Kepala Tim di Petronas-Yamaha memberikan pendapatnya soalny rencana tersebut.

“Kami bernegosiasi dengan Alex Marquez. Tapi dia tetap dengan tim Moto2 lamanya,” demikian keterangan Razali kepada Speedweek.

Alex Marquez Akhirnya Tetap Bersama MarcVDS untuk Moto2 2020

“Saya sangat senang dapat mengumumkan bahwa musim depan saya akan tetap bersama Tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS di kelas Moto2,” kata Alex kepada Bike Sport News.

“Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan tim. Dengan struktur teknisnya yang diperbarui, bagian penting dari kesuksesan saat ini, saya akan dapat melanjutkan selama satu tahun lagi untuk menjadi pembalap yang lebih baik, meningkatkan level berkendara saya dan mempersiapkan diri untuk memenuhi impian saya untuk membuat lompatan ke MotoGP.

Saya juga berterima kasih atas kepercayaan Estrella Galicia 0,0 selama bertahun-tahun ini, dan Marc Van der Straten yang akan terus mendukung saya dalam karir balap saya, sehingga saya dapat berjuang untuk mencapai tujuan saya di kelas Moto2,” sambung Alex gembira. (DN/eV)

NEXT: Dovi Masih Berpeluang Juara Dunia Tahun Ini