Sprint MotoGP Spanyol: Podium Quartararo Diserahkan ke Pedrosa, Ini Penyebabnya

0
968
Sprint MotoGP Spanyol: Podium Quartararo Diserahkan ke Pedrosa, Ini Penyebabnya
Ilustrasi Dani Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing) MotoGP Jerez, Spanyol 2024 / runganSport.

FIM Stewards Panel MotoGP memutuskan Fabio Quartararo bersalah terkait aturan tekanan ban, dikenakan pelanti delapan detik yang berimbas pada kehilangan podium Sprint MotoGP Spanyol.

Jerez, runganSport — Pembalap Prancis, Fabio Quartararo berhasil menyelesaikan Sprint race MotoGP Spanyol di posisi ketiga dan naik podium, Sabtu (27/4) di Jerez.

Sayangnya, rider Monster Energy Yamaha itu ketahuan menggunakan ban dengan tekanan di bawah aturan.

Karena itu, Quartararo mendapat penalty 8 detik, menjadikannya finis kelima.

Podium ketiga kemudian menjadi milik pembalap wildcard KTM, Dani Pedrosa, sementara Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) naik ke posisi keempat.

“BREAKING! Dani Pedrosa naik ke P3! The Little Samurai meraih podium Sprint pertamanya setelah penalti tekanan ban untuk Quartararo,” demikian pengumuman resmi MotoGP.com lewat Twitter.

Aturan tekanan ban memang lebih ringan tahun ini, tapi penaltinya menjadi lebih berat.

“Pembalap harus mematuhi tekanan minimum untuk 30% lap selama Sprint atau 60% lap dalam jarak balapan apa pun selama 15 lap.

Pembalap Prancis itu start dari posisi ke-23 di grid dan akan bertarung melawan Pedrosa sepanjang Sprint, melewati garis finis di P3.

Namun, Quartararo diturunkan ke P5 setelah penalti delapan detik diterapkan, menempatkan #20 di belakang Pedrosa dan Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing).

Sejumlah pembalap juga mendapat penalti delapan detik dari FIM MotoGP Stewards, termasuk Raul Fernandez (Trackhouse Racing), yang turun dari P6 ke P12.

Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing) juga mendapat penalti delapan detik namun tetap di P13, begitu pula Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) dan Alex Rins (Monster Energy Yamaha MotoGP) yang tetap di P14 dan P15 setelah penalti diterapkan,” demikian MotoGP.com menjabarkan.

Pembalap peraih podium dalam Sprint Jerez memang sangat mengejutkan, karena ada banyak pembalap terjatuh sebanyak balapan 12 lap tersebut.

Setidaknya ada 15 kali kecelakaan dan sembilan pembalap gagal sampai finis.

Untuk balapan utama MotoGP Spanyol akan berlangsung pada Minggu (28/4) akhir pekan ini. (rs/gp)

BACA: Klasemen Sementara MotoGP usai Sprint GP Spanyol 2024

LEAVE A REPLY: If your like comment with a link, please contact us "info@rungansport.com" first.

Please enter your comment!
Please enter your name here