BREAKING! Pemilik F1 Resmi Beli MotoGP Rp72 Triliun

0
573
BREAKING! Pemilik F1 Resmi Beli MotoGP Rp72 Triliun
Ilustrasi Marc Marquez (Gresini Racing) & Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) MotoGP 2024 / runganSport.

Liberty Media Corporation telah mengumumkan perjanjian untuk mengakuisisi MotoGP.

Madrid, runganSport — Liberty Media Corporation telah mengumumkan perjanjian untuk mengakuisisi MotoGP dengan harga Rp72 triliun.

Perjanjian baru ini akan menjadikan Dorna Sports SL, pemegang hak komersial dan televisi eksklusif MotoGP, tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan tracking stock Grup Formula Satu Liberty Media.

Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO sejak tahun 1994 akan tetap pada posisinya dan terus menjalankan bisnis bersama tim manajemennya.

Bisnisnya akan tetap berbasis di Madrid.

Liberty Media akan mengakuisisi sekitar 86% saham Dorna, dengan manajemen Dorna mempertahankan sekitar 14% ekuitas mereka dalam bisnis tersebut.

Transaksi ini mencerminkan nilai perusahaan untuk Dorna/MotoGP sebesar €4,2 miliar dan nilai ekuitas sebesar €3,5 miliar, dengan saldo utang MotoGP diperkirakan akan tetap ada setelah penutupan.

“Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP,” kata Greg Maffei yang menjabat sebagai Presiden dan CEO Liberty Media, sebagaimana rilis resmi MotoGP.com.

“MotoGP adalah liga global dengan basis penggemar yang setia dan antusias, balapan yang menawan, dan profil keuangan yang menghasilkan arus kas yang tinggi.

Carmelo dan tim manajemennya telah membangun tontonan olahraga luar biasa yang dapat kami kembangkan ke khalayak global yang lebih luas.

Bisnis ini memiliki keuntungan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami,” sambung Maffei.

“Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balap,” kata Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna.

“Kami bangga dengan olahraga global yang telah kami kembangkan, dan transaksi ini merupakan bukti nilai olahraga saat ini dan potensi pertumbuhannya.

Liberty Media memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam mengembangkan aset olahraga dan kami sangat mengharapkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia.

Akuisisi ini diharapkan selesai pada akhir tahun 2024 dan masih harus menunggu izin dan persetujuan dari otoritas hukum persaingan usaha dan penanaman modal asing di berbagai yurisdiksi,” demikian Ezpeleta menjelaskan. (rs/gp)

BACA: Ini Penyebab Mengapa Marini Belum Bisa Sekencang Mir Pakai Honda

LEAVE A REPLY: If your like comment with a link, please contact us "info@rungansport.com" first.

Please enter your comment!
Please enter your name here